Peluang Bisnis 100% Gratis BEBAS RESIKO Kerjanya Mudah

bisnis

Senin, 13 September 2010

Festival Rock Indonesia

DISCOGRAPHY

Festival Rock Se-Indonesia pertama kali diadakan tahun 1984. Sejumlah group rock dari Bandung, Jakarta, Jawa Timur, Bali sampai Irian Jaya (Papua red.) antusias mengikuti festival ini. Tak kurang dari 30 band tampil mulai dari Harley Angels (Bali, Juara 1), LCC (Surabaya, Juara 2), Elpamas (Pandaan, Juara 3), Drop Out (Juara Favorit, Irian Jaya), 2nd Smile (Juara Harapan, Jakarta) dan sejumlah nama lain termasuk Grass Rock (Surabaya), Nicky Astria & D'Ronners maupun Jamrock (Bandung). Diluar penghargaan untuk group, diberikan juga penghargaan individual yang dimenangi oleh Bambang (Vokalis Pria Terbaik, Harley Angels), Chetty WS (Vokalis Wanita, LCC), Indrawan (Bassis Terbaik, Harley Angels), Budhi Haryono (Drummer Terbaik, Jamrock), Totok Tewel (Gitaris Terbaik, Elpamas), Andy (Keyboard Terbaik, 2nd Smile, Jakarta).

Kesuksesan Festival Rock Se-Indonesia perdana yang disponsori oleh perusahaan rokok Djarum Super dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya. Tahun 1985 menghasilkan Juara Elpamas (Pandaan), 1986 giliran Grass Rock (Surabaya) menjadi Jawara, 1987 Adi Metal Band (Surabaya) sebagai kampiun, 1989 mentasbihkan Power Metal sebagai yang terbaik. Para juara Festival ke-1 sampai dengan ke-4 (1984-1987) selain mendapatkan hadiah berupa piala juga sejumlah uang. Sedangkan mulai festival ke-5 dan seterusnya, para finalis difasilitasi masuk dunia rekaman dengan membawakan 1 buah lagu milik sendiri dan dirangkum dalam album Kompilasi Festival Rock Se-Indonesia di bawah label yang digagas Log Zhelebour dan Iwan S. Sidarta, yaitu Logiss Record. Selain itu, sang juara diikutsertakan dalam konser rock yang promotori Log Zhelebour dan dibuatkan pula full album. Sehingga tak heran seusai menjuarai festival tak lama kemudian album para juara direlease, mulai dari Power Metal (Juara Festival Ke-5, 1989), Kaisar (Juara Festival Ke-6, 1991), Teaser (Juara Festival Ke-8, 1996), Ungu 5 (berubah menjadi U9, Juara Festival Ke-9, 2001), Mujizat (Juara Festival Ke-10, 2004). Khusus untuk group Andromedha (Juara Festival Ke-7, 1993) albumnya diproduksi dibawah label lain yaitu Bursa Musik. Sementara itu untuk juara sebelumnya, Elpamas (Juara Festival Ke-2, 1985) sungguhpun dibuatkan album rekaman di bawah label Logiss Record tetapi beberapa tahun kemudian setelah menjadi juara, melalui album Dinding Kota (1989). Sedangkan Grass Rock (Festival-3, 1986) sama seperti Andromedha albumnya direlease label lain, Gemini Record (Atlantic Record, 1991) dengan tajuk Anak Rembulan (Peterson). Grass Rock baru berada di bawah label Logiss Record melalui album ke-empat, Menembus Zaman (1999).

Sayang kiprah Festival Rock Se-Indonesia yang disponsori Djarum Super (Kecuali Festival Ke-6 sponsor Gudang Garam, Ke-7 sponsor Crystal Filter Cigarette) harus diakhiri dalam ajang Festival Rock Se-Indonesia Ke-10 tahun 2004 setelah berlangsung tepat 20 tahun. Namun demikian semangat rock Log Zhelebour tidak pernah sirna dan masih menggebu untuk membuat festival rock. Dengan format yang hampir sejenis Log Zhelebour mengusung Gudang Garam Rock Competition (GGRC) sebagai pengganti brand Festival Rock Se-Indonesia. Festival perdana GGRC yang disponsori oleh perusahaan rokok Gudang Garam dilaksanakan tahun 2007 dengan menghasilkan jawara Workstation dari Salatiga.

Di dalam sejarahnya, para Juara Festival Rock Se-Indonesia tidak seluruhnya sukses ketika bersaing dengan mengeluarkan album penuh di kancah musik tanah air, bahkan lebih ironis lagi setelah album perdana direlease nama mereka pun lamat-lamat hilang, sebut saja misalnya Kaisar, Teaser maupun Andromedha. Kalaupun bisa menghasilkan lebih dari satu album, keberhasilan komersial tidaklah terlalu fantastis karena album yang dihasilkan kurang mendapat response positif pecinta musik tanah air, sebagai contoh Elpamas yang hanya sukses di album Tato dengan hits Pak Tua padahal sudah 6 album dihasilkan. Demikian pula Grass Rock yang hanya dikenang melalui album perdana Anak Rembulan padahal 4 album telah dihasilkan, demikian pula Adi Metal Band yang sempat mengeluarkan 2 album. Yang agak beruntung adalah Power Metal, tidak saja album perdananya saja yang sukses tetapi beberapa album sesudahnya. Namun demikian, ada fenomena yang cukup menarik jika dilihat dari group yang tidak berhasil menjadi juara di Festival Rock Se-Indonesia, mereka malah lebih sukses di kancah dunia rekaman, sebut saja misalnya Slank, Jamrud (sebelumnya bernama Jamrock), Boomerang (sebelumnya bernama Lost Angels). Group itu, album-albumnya terjual dalam jumlah ratusan ribu hingga jutaan copy serta mempunyai fanbase yang kuat. Satu hal yang dapat disimpulkan dari kiprah festival yang digagas Log Zhelebour adalah, festival itu telah mampu menjadi ajang regenerasi group rock tanah air.

FESTIVAL ROCK INDONESIA V - 1989
 
  
Tracklist:

01. Kaisar (Solo) - Kerangka Langit
02. Rudal (Bandung) - Dara Pusaka
03. Power Metal (Surabaya) - Malapetaka
04. Saltis (Sumenep) - Sadar
05. Partha Putri (Yogyakarta) - Musik & Aku
06. Andromedha (Surabya) - Prestasi
07. New Chordex's (Medan) - Generasi
08. Big Boys (Banjarmasin) - Polusi Kehidupan
09. Kamikaze (Surabaya) - Racun Neraka
10. Roxx (Jakarta) - Rock Bergema

Download Full Album via Mediafire
Pass: karimsamman@multiply.com
 
FESTIVAL ROCK INDONESIA VI - 1991
 

Tracklist:
 
01. Cassanova (Yogyakarta) - Jerit
02. Phytagoras (Surabaya) - Kasta
03. Kaisar (Solo) - Garis-garis Bintang
04. Valhalla (Medan) - Seruan Setan
05. Sahara (Bandung) - Bangkit
06. New Chordhex's (Medan) - Nafas Kehidupan
07. Ertebe (Surabaya) - Lembaran Baru
08. Three Brothers (Curup, Bengkulu) - Setan Morfin
09. Balance (Malang) - Tegar
10. Whizz Kid (Jakarta) - Nyanyian Kehidupan

Download Full Album via Mediafire
Pass: karimsamman@multiply.com
FESTIVAL ROCK INDONESIA VII - 1993


Tracklist:

01. Andromedha (Surabaya) - Emosi
02. Cassanova (Yogyakarta) - Tengara
03. Pratama Rock Band (Bengkulu) - Salam 3 Jari
04. Phytagoras (Surabaya) - Taksaka Seta
05. Aceh Rock Band (Langsa, Aceh Timur) - Manusia
06. Scandal Rock Band (Semarang) - Syair Kebebasan
07. Sahara (Bandung) - Dunia
08. Metal Force (Solo) - Benteng Benteng Raksasa
09. CB Band (Kediri) - Nyi Roro Kidul
10. Lost Angels (Surabaya) - No More

Download Full Album via Mediafire
Pass: karimsamman@multiply.com
FESTIVAL ROCK INDONESIA VIII - 1996




















Tracklist:

1. Antusias - Aku Butuh Kamu.mp3
2. CB Band - Obsesi.mp3
3. Emperial - Katakan.mp3
4. Grezz Rock - Menanti Kepastian.mp3
5. Leppis - Protes.mp3
6. Metazone - Lupa.mp3
7. Mushroom - Anak Manusia.mp3
8. Teaser - Cari Muka.mp3
9. Three Brothers - Cakrawala.mp3
10. Unpar - Duniaku Duniamu.mp3

Download Full Album via Ziddu

FESTIVAL ROCK INDONESIA IX - 2001

















Tracklist:

01. Arfas - Prasasti
02. Biroe - Lobang Makanan Dan Buaya
03. Dadoo - Komunitas
04. Green Master - Gankster
05. Loe Joe - Menggapai Cita
06. Perisai - Barang Impian
07. Purnama - Rock Terpatri
08. Relp - Orang Utan
09. Shianida - Senja Kala Kehidupan
10. Ungu 5 - Ilusi

Download Full Album via Ziddu

FESTIVAL ROCK INDONESIA X - 2004



















Tracklist:

01. Daun - Tak Kuasa
02. Elde Cool - Bosan
03. Indonesia Baru - Fantasi
04. Kanda Band - Romeo Menangis
05. Kobe - Rock Show
06. Loe Joe - 1001 Malam
07. Mr. B - Kau Pergi
08. Mr. X - Sendiri
09. Mudjizat - Hentikan
10. Take Over - Kiamat

Download Full Album via Indowebster

Tidak ada komentar:

Posting Komentar